Jenis Pilihan Tangunggan Kesehatan Bagi Keluarga

Jaminan kesehatan merupakan hal yang wajib bagi setiap invidu di dalam sebuah keluarga. Ini karena kesehatan merupakan salah satu dari banyak faktor yang membuat keluarga menjadi bahagia. Sekitar 2 – 3 tahun yang lalu asuransi kesehatan dari perusahaan swasta masih mendominasi pasar asuransi di Indonesia, namun sekitar setahun terakhir pemerintah juga mengeluarkan jenis tanggungan kesehatan yang lebih murah dan bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Berikut ini adalah 2 jenis tanggungan kesehatan yang ada di Indonesia dan kelebihan serta kekurangannya.

1. Tanggungan Kesehatan Swasta

Dari segi biaya tanggungan atau premi, jenis asuransi ini lebih mahal dan sulit untuk dijangkau masyarakat menengah kebawah, selain itu ada perbedaan harga untuk laki – laki dan perempuan, perokok dan bukan perokok, serta umur. Untuk perokok nilai premi yang harus dibayar akan lebih tinggi karena resiko kesehatan lebih mungkin terjadi pada perokok. Dan untuk nasabah yang lebih tua, harga premi juga lebih mahal. Dari segi fasilitas yang disediakan, tentunya jenis ini menyediakan fasilitas yang sangat lengkap mulai dari kamar rawat kelas atas, operasi, ambulance, jaminan kematian, obat, konsultasi dokter, dan lain – lain. Kekurangannya adalah jika ingin rawat jalan, maka harus membayar sejumlah premi lagi yang cukup mahal, selain itu jenis asuransi ini tidak memberikan fasilitas untuk cek optic, gigi, dan kehamilan. Kelebihan lainnya adalah tanggungan kesehatan swasta biasanya dapat digunakan di luar negeri.

2. Program Asuransi BPJS

Pemerintah lewat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial meluncurkan program tanggungan kesehatan BPJS yang bertujuan mencakup seluruh masyarakat di dalam negeri tanpa adanya batasan – batasan sosial. Premi BPJS sangat murah yaitu hanya sekitar 25.000 hingga 100.000 rupiah, sehingga sangat terjangkau untuk berbagai kalangan.  Tanggungan kesehatan ini juga tidak menerapkan perbedaan biaya premi bagi perokok atau orang yang lebih tua sehingga siapapun bisa menikmati manfaatnya tanpa ada batasan. Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap bahkan lebih lengkap dibandingkan dengan asuransi swasta yang di dalamnya termasuk cek gigi dan kehamilan. Selain itu ada juga fasilitas rawat jalan dan berbagai penyuluhan, imunisasi, keluarga berencana, dan lainnya. Namun BPJS hanya dapat digunakan di dalam negeri sehingga mau tak mau jika berpergian ke luar negeri masyarat harus mendaftar pada jenis swasta.

Itulah dua jenis jaminan perlindungan kesehatan di Indonesia dengan berbagai kelebihan serta kekurangannya. Masing – masing orang memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda sehingga kedua jenis tadi bisa dijadikan pilihan untuk diambil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *