Menjaga Ekonomi Pribadi Agar Tetap Stabil

Sadar atau tidak namun hampir beberapa kali dalam setahun banyak pekerja kasar atau buruh yang meminta kenaikan upah minimum, sehingga pada akhirnya pemerintah menaikan upah mereka agar setidaknya mereka sumringah dan dapat kembali bekerja. Bagi para buruh mungkin ini adalah hal yang melegakan, namun bagi kalangan pekerja kantoran, ada atau tidaknya kenaikan setiap tahunnya masih merupakan tanda Tanya atau sebuah hal yang tidak pasti. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang tidak stabil sehingga mau tak mau perusahaan harus berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk menaikan gaji karyawan mereka. Bagi para pekerja yang hanya mengadalkan gaji dari kantor mereka saat ini, lebih baik mulai mencari penghasilan lain yang kelak dapat menjaga ekonomi pribadi mereka agar tetap stabil. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat ekonomi pribadi bisa tetap terjaga terutama di saat akhir bulan.

1. Lakukan Pekerjaan Sampingan

Masih banyak orang Indonesia yang enggan menjalani pekerjaan sampingan karena kerap kali dianggap sebelah mata, padahal pendapatan dari bekerja sampingan dapat membantu ekonomi pribadi kita stabil sampai akhir bulan. Selama kita masih muda dan tubuh masih kuat untuk menjalankan berbagai macam aktivitas, tidak ada salahnya bekerja sedikit lebih keras agar kelak kita bisa menikmati hasil dari apa yang kita kerjakan. Bagi yang hobi menyetir atau jalan – jalan, bisa mencoba bekerja sebagai driver ojek online atau taksi online yang dalam sehari bisa mendapat 200- 300 ribu lho!

2. Sharing Tempat Tinggal

Ekonomi pribadi wajib dijaga dan diatur terutama bagi mereka yang hidup jauh dari orangtua atau kerabat dekat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berbagi tempat tinggal dengan orang lain. Pastikan dari awal bahwa partner tempat kamu tinggal mengerti akan aturan dan etika tinggal bersama, adil dalam pembagian uang sewa dan kebutuhan bulanan seperti listrik, air, biaya perawatan, biaya sewa, dll. Ketahui juga latar belakang calon partner kamu untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

3. Hasilkan Uang Dari Hobi

Bagi kalian yang punya hobi dan mahir saat melakukannya seperti contohnya hobi fotografi, melukis, atau menulis, kalian bisa memanfaatkan hobi kalian untuk menghasilkan pundi – pundi rupiah. Buatlah sebuah portofolio atau blog yang menampilkan karya – karya kalian sehingga dapat dilihat oleh calon pembeli atau orang yang membutuhkan karya kalian. Ini akan

4. Menabung

Jangan pernah lupakan menabung karena dengan menabung maka Anda sama saja telah mempersiapkan masa depan yang baik untuk diri Anda serta keluarga nantinya. Sisihkan sebagian dari penghasilan kalian untuk ditabung agar ekonomi pribadi kalian bisa terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *