Pentingnya Perencanaan Finansial Bagi Yang Mau Berkeluarga

Siapa yang bilang cara – cara lama yang sifatnya jadul itu ketinggalan jaman, basi, dan sudah gak bisa buat digunakan lagi? Padahal kenyataanya masih banyak lho hal – hal lama yang sangat bermanfaat untuk diterapkan, terutama dalam hal perencanaan finansial. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa perencanaan finansial itu sangat penting terutama saat kita mau membangun keluarga. Tak heran banyak orang terutama mereka yang terlahir di generasi millennial, kesulitan dalam hal keuangan karena tidak merencanakan keuangan mereka dengan baik. Bagi kalian yang tidak ingin kesulitan nantinya, mari ikuti beberapa cara untuk perencanaan finansial yang bisa kalian ikuti.

1. Menabung

Meskipun menabung merupakan hal yang sederhana dan mudah untuk dilakukan, namun banyak orang yang sepertinya masih enggan dan tidak tahu cara menabung yang baik. Sisihkanlah minimal 10% dari pendapatan bulanan kalian untuk ditabung dan jika pendapatan bertambah maka nominal yang ditabung juga harus semakin besar. Ikutilah cara berfikir orang jaman dahulu bahwa menabung adalah sebuah kewajiban. Sedikit demi sedikit setiap hari atau bulan maka nantinya tabungan kalian akan semakin besar. Menabung juga merupakan perencanaan finansial yang mudah, dan sangat baik untuk dilakukan.

2. Beli Yang Bisa Dan Pantas Dibeli

Daripada menyewa sebuah hal lebih baik membelinya jika memang pantas dan berguna untuk masa depan nantinya. Ini akan membantu kita menghindari biaya sewa yang berubah – ubah serta membebaskan kita dari ketergantungan nantinya.

3. Investasi

Salah satu bentuk perencanaan finansial terbaik adalah dengan berinvestasi. Cobalah untuk melakukan investasi di sektor logam mulia seperti emas yang harganya stabil serta harga jualnya tinggi. Jika modal kalian lebih besar, maka lakukan investasi dengan membeli tanah atau properti yang harganya akan semakin naik terutama di kota – kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dll.

4. Jauhkan Gengsi

Mungkin salah satu penyebab orang malas menabung adalah karena takut tidak bisa memenuhi gengsi mereka sehari – hari. Teman beli handphone baru, ikut beli. Teman beli mobil baru, ngiri. Inilah yang harus dibuang jauh – jauh saat mulai merencanakan finansial. Beranilah untuk berkata tidak terutama dari berbagai hal yang tidak penting atau hanya berdasarkan keinginan sesaat. Gunakanlah uang untuk kebutuhan yang penting, bersenang – senang boleh tapi harus tahu batasannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *