Tips Mengatur Keuangan Bagi Anak Muda

Dalam era globalisasi ini, mau tak mau memang kita harus belajar untuk membiasakan diri mengatur keuangan dengan baik supaya terbiasa dengan perubahan dan kondisi keuangan global yang cenderung tidak stabil selama beberapa tahun belakangan ini. Selain itu dengan mengatur keuangan sendiri, kita akan lebih disiplin dan pandai dalam menggunakan uang kita nantinya. Nah buat kalian anak muda terutama kalian yang akan segera masuk ke dalam dunia kuliah, mulailah untuk belajar mengatur keuangan kalian bahkan untuk hal – hal yang kecil sekalipun apalagi jika kalian adalah anak perantauan yang jauh dari rumah orangtua. Yuk ikuti tips dibawah ini agar kalian bisa mengatur keuangan dengan baik.

1. Susun Rencana Pengeluaran

Buatlah rencana pengeluaran yang baik seperti contohnya membuat anggaran pengeluaran yang akan kalian lakukan setiap bulannya. Sesuaikan dengan pemasukan yang kalian, dan bagi ke dalam beberapa pos seperti kebutuhan untuk makan, kuliah, transportasi, serta untuk tempat tinggal. Siapkan juga dana cadangan untuk hal – hal tidak terduga atau emergency seperti disaat kalian sakit atau untuk membeli kebutuhan yang sifatnya mendesak. Pisahkan uang untuk masing – masing pos tersebut agar aliran uang kalian bisa tetap terjaga.

2. Berani Katakan Tidak

Nah ini dia yang menjadi problem untuk anak muda sekarang ini. Diajak nongkrong ke tempat mahal oleh teman tapi sebetulnya tidak punya uang, namun tetap menerima karena kalah dengan gengsi. Buanglah jauh – jauh gengsi kalian agar kelak tidak kesusahan. Bersenang – senang boleh tapi jangan berlebihan, apalagi untuk hal yang menghabiskan uang kalian padahal hal tersebut tidak penting.

3. Bedakan Kebutuhan Dan Keinginan

Masih banyak yang tidak sadar bedanya kebutuhan dan keinginan, meskipun mirip tapi jika salah mengalokasikan uang kalian ke dua hal tadi, maka dampaknya akan sangat besar untuk kehidupan kalian. Kebutuhan adalah sesuatu yang sifatnya harus dipenuhi seperti contohnya makanan, pakaian, uang kuliah, dll. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang lebih bersifat psikologis yang tidak wajib untuk dipenuhi. Membedakan dua hal tadi memang penting terutama jika sedang mengatur keuangan.

4. Belajar Bisnis

Nah tips mengatur keuangan terakhir adalah dengan berbisnis. Banyak kalangan muda yang berbisnis sembari kuliah atau bekerja untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Mulailah dari bisni yang sederhana dan diminati, lakukan market research dan tonjolkan perbedaan serta produk yang akan kalian jual dibanding produk yang sudah ada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *