Tips Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Muda

Bagi kalian pasangan yang baru saja menikah, janganlah terlena terlalu lama menjadi raja dan ratu semalam. Masih banyak persoalan rumah tangga yang wajib dihadapi, salah satunya adalah dalam masalah mengelola keuangan. Banyak pasangan suami – istri baru akan merasa kebingungan ketika berbicara mengenai pengelolaan keuangan pasca pernikahan yang mereka lakukan. Banyak yang mengira cara meengelola keuangan pada saat single dan setelah menikah adalah hal yang sama, padahal kenyataanya sangatlah berbeda. Hal itu disebabkan karena adanya perubahan cara atau pola berpikir tentang cara mengelola keuangan. Satu kesalahan, maka dijamin hari – hari kalian akan berantakan. Nah bagi kalian yang tidak mau kerepotan nantinya, yuk ikuti cara mengelola keuangan dibawah ini.

1. Tentukan Anggaran Bersama

Sebelum menikah, masing – masing orang memiliki pemasukan serta pengeluaran sendiri – sendiri, nah setelah menikah pastilah hal ini akan berubah karena pemasukan serta pengeluaran menjadi tanggung jawab dan miliki bersama. Untuk itu ada baiknya berdiskusi bersama – sama untuk membuat sebuah anggaran rumah tangga agar proses mengelola keuangan bisa berjalan dengan baik. Misalnya gaji suami bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti tagihan listrik, air, dan kebutuhan sehari – hari dan gaji istri untuk kebutuhan yang bersifat sekunder.

2. Penuhi Kebutuhan Prioritas Terlebih Dahulu

Setelah menikah memang banyak godaan untuk melakukan hal – hal menyenangkan seperti liburan, shopping furniture, dan lainnya. Padahal masih ada kebutuhan utama yang harus dipikirkan seperti listrik, belanja bulanan, bayar cicilan mobil atau rumah dan lain- lain. Untuk itu bedakan tingkat kebutuhan ke dalam beberapa pos seperti kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Bedakan juga antara kebutuhan dan keinginan untuk menghindari pengalokasian yang salah dalam mengelola keuangan.

3. Perencanaan Keuangan Sistem Satu Pintu

Kelebihan dari sistem satu pintu adalah kita akan menjadi lebih mudah dalam mengontrol serta mengatur arus keuangan karena bentuknya adalah sistem keuangan yang terpusat. Uang masuk dan keluar berasal dari satu rekening sehingga bisa diawasi secara bersama – sama, ini juga akan berguna jika kalian ingin membuat rancangan jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan cara ini maka pengelolaan keuangan dapat berjalan dengan baik.

4. Menabung Dan Berinvestasi

Menabung adalah kewajiban bagi kalian kelaurga muda, hal ini karena kelak kalian akan mempunyai anak yang pasti membutuhkan biaya untuk sekolah, kesehatan, dan lainnya. Sisihkanlah minimal 10% dari penghasilan kalian dan jika memungkinkan maka lakukan juga investasi agar uang kalian bisa berkembang nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *